Lazada Indonesia

Thursday 1 December 2011

PERGERAKAN UNSUR HARA KE PERMUKAAN AKAR


Akar tumbuhan mengalami pertumbuhan dan senantiasi menuju ke daerah yang larutan tanahnya mengandung unsure hara yang dapat ditransportasikan ke kepermukaan akar. Transportasi unsur hara dari larutan tanah ke permukaan akar dengan dua cara yaitu, aliran massa dan difusi.
Secara umum pada fase cair, difusi dan aliran massa yang terjadi lebih cepat dibandingkan pada fase padat. Hal yang sama juga terjadi pada pertukaran kation yang cepat dari dank e kompleks pertukaran ion dan anion dari dank e kompleks jerapan.
Laju serapan ion oleh akar berhubungan dengan konsentrasi ion di dalam larutan tanah yang ada disekitar permukaan akar.
1.       Aliran Massa
Pada saat air diserap oleh akar, tanaman juga terserap larutan tanah yang membawa unsur hara di dalamnya. Pergerakan massa ion di dalam larutan itu, disebut aliran massa.
Apabila laritan tanah bergerak ke permukaan akar melalui proses aliran massa lebih besar dibandingkan dengan serapan ion yang dilakukan oleh akar tanaman, maka akan terjadi penimbunan ion di permukaan akar. Sebaliknya apabila laju transportasi ke permukaan akar lebih kecil daropada kebutuhan tanaman maka terjadi depletion zone (zona yang konsentrasi unsur haranya makin rendah). Pada keadaan seperti itu, ion harus ditransportasikan ke permukaan akar secara difusi.

2.       Difusi
Transportasi ion atau molekul yang terjadi karena adanya pergerakan panas akibat adanya perbedaan konsentrasi, disebut difusi.
Oleh karena itu difuse terjadi sepanjang terjadi perbedaan konsentrasi di dalam larutan tanah. Untuk ini, maka jarak tempuh dari larutan tanah ke akar sangat berperan.
Pada umumnya laju difusi merupakan factor yang berperan terhadap pergerakan ion-ion tertentu ke permukaan akar, misalnya: NO-K+, H2PO-4. Terutama ion fosfat laju difusinya sangat lambat.
Pada penjelasan di atas, sepertinya aliran masa dan difusi bekerja secara terpisah, akan tetapi pada kenyataannya proses ini biasanya terjadi secara bersamaan.
(Pustaka: Lily Agustina. 2004. Dasar Nutrisi Tanaman.)

4 comments:

  1. Informasi yang bermanfaat...

    ReplyDelete
  2. mekasi buat teman2 yang telah berkunjung dan memberi komentar, sukses selalu untuk kita semua.

    ReplyDelete
  3. admin, bisa bantu klasifikasi unsur hara itu yang mana yhaa???

    ReplyDelete