Lazada Indonesia

Friday 30 December 2011

Bentuk Formulasi Pestisida

1.      Emulsifable Concentrate (EC)
Bahan aktif pestisida ini berasal dari bahan yang hanya larut dalam minyak, tetapi dengan penambahan bahan emulsi (pencampur minyak dan air) maka bahan aktif tersebut dapat larut di dalam air dan membentuk larutan seperti susu.

2.      Granule (G)
Pestisda yang berbentuk butiran padat dengan ukuran seragam, sehingga mudah ditebarkan. Formulasi ini merupakan campuran antara bahan aktif dan butiran yang mampu mengikat ion, seperti butiran liat dan vermikulit, atau dengan cara melapisi bahan aktif dengan polimer seperti kapsul.

3.      Salt Concentrate (SC)
Pestisida yang dibentuk dengan menggabungkan bahan aktif dari turunan (derifatif) garam dengan air.

4.      Ultra Low Volume (ULV)
Formulasi ini berbentuk cair, dengan kandungan bahan aktif yang sangat tinggi. Pestisida konsentrat ini dirancang untuk disemprotkan dengan alat khusus (Ultra Low Volume) tanpa dilarutkan dengan air.

5.      Water Dispersable (WDG)
Pestisida yang berbentuk butiran halus (mikro granules) bebas debu, merupakan formulasi kering yang mudah dilarutkan di dalam air. Pestisida perlu diaduk terus menerus selama penyemprotan karena tidak stabil di dalam air.

6.      Wettable Powder (WP)
Pestisida yang dibentuk dari bahan aktif dengan daya larut rendah. WP mengandung bahan tambahan (filler), seperti tepung. Bahan aktif direkatkan pada tepung melalui bantuan bahan perekat. Pestisida perlu diaduk dengan teratur karena tidak stabil di dalam air.

No comments:

Post a Comment